jaringan yang disembunyikan

[pesawat]........[Milter].......[ekonomi]......[psikologi].......[nutrisi]
[kedokteran]........[Resepmasakan].......[politik].......[sejarah]
[teknik].......[sains].......[Teknologi]......[pertanian].......[Perikanan]
[kelautan].......[tambang].......[job].......[Kesehatan]

...................................................................................................................

(HOME)

26 November, 2008

Turbin arus laut horisontal Oxford University hasilkan listrik hingga 12MW

Tidak banyak pembangkit listrik yang memanfaatkan pasang surut laut dengan turbin tertanam di bawah permukaan air, yang masih beroperasi. Saat ini teknologi tersebut yang lebih banyak digunakan. Akibatnya, energi air yang datang dalam bentuk arus laut tidak termanfaatkan sepenuhnya.

Tim peneliti dari Oxford University mencoba membuat suatu turbin berbentuk horisontal sepanjang sumbunya. Turbin tersebut akan berputar jika ada arus pasang surut.

Transverse Horisontal Axis Water Turbine (THAWT), turbin yang didesain oleh tim tersebut berdiameter 10 meter dan panjang 60 meter. Dengan menggunakan dua turbin dan satu generator yang diletakkan di tengah-tengahnya, bisa dihasilkan listrik sebesar 12MW.

''Hanya dibutuhkan tiga pondasi dan satu generator. Tetapi jika menggunakan teknologi sekarang ini, akan dibutuhkan lima pondasi dan sepuluh generator,'' ujar Martin Oldfield, peneliti senior di Oxford University.

Turbin THAWT tersebut juga tidak terlalu kompleks dari sisi teknologinya. Artinya, biaya produksi dan pemeliharaannya rendah.

''Biaya produksi lebih rendah sekitar 60%, biaya pemeliharaannya lebih rendah 40%,'' imbuh Malcolm McCulloch, kepala jurusan ketenagalistrikan di fakultas teknik Oxford.

Sejauh ini, para peneliti telah berhasil menguji salah satu prototip THAWT dengan diameter 1 meter dan panjang 6 meter.

Mereka juga merencanakan untuk membuat prototip berdiameter 5 meter yang sudah bisa membangkitkan listrik. Di tahun 2009,prototip tersebut akan dibawa ke laut untuk pengujian sebenarnya guna mengetahui daya tahannya berada di kondisi sebenarnya.

Menurut para peneliti tersebut, turbin THAWT yang ditanam di lokasi sepnjang 20km diperkirakan bisa membangkitkan hingga gigawatt.

McCulloch menyatakan analisa ekonominya bahwa THAWT yang ditanam dengan skala sebesar tersebut hanya membutuhkan £1.7 juta per MW. Lebih rendah jika dibandingkan dengan teknologi turbin laut saat ini yang berkisar £3 juta per MW dan £2 juta per MW untuk turbin angin.

No comments: