jaringan yang disembunyikan

[pesawat]........[Milter].......[ekonomi]......[psikologi].......[nutrisi]
[kedokteran]........[Resepmasakan].......[politik].......[sejarah]
[teknik].......[sains].......[Teknologi]......[pertanian].......[Perikanan]
[kelautan].......[tambang].......[job].......[Kesehatan]

...................................................................................................................

(HOME)

26 November, 2008

Orange County jadikan limbah rumah tangga bernilai jual

Bersama dengan para peneliti di University of California dan beberapa perusahaan swasta, distrik tersebut sepakat untuk memasang perlengkapan baru dalam proyek bernilai US$ 8 juta. Dan jika sudah berjalan, maka fasilitas pengolahan limbah rumah tinggal sekaligus pabrik hidrogen tersebut akan menyediakan energi dan bahan bakar transportasi bagi masyarakat di distrik tersebut.

Fasilitas pengolahan tersebut bekerja dengan cara memanfaatkan gas methane yang dihasilkan dari reaktor, dimana bakteri mengurai limbah menjadi methane dan karbon dioksida. Methane yang dihasilkan digunakan untuk menyuplai listrik bagi fasilitas itu sendiri. Kemudian panas yang ditimbulkannya dimanfaatkan kembali untuk membantu memanaskan reaktor. Sebagian besar dari methane diproses secara kimia untuk menghasilkan hidrogen dan dipisahkan ke dalam sebuah tangki penyimpanan serta siap digunakan untuk mengisi kendaraan hidrogen masyarakat di distrik tersebut.

Meski demikian ada kendala yang dihadapi proyek tersebut yaitu tingginya biaya operasional. Harga yang didapatkan adalah sebesar US$ 4.000 - 5.000 perkilowatt, sedangkan dengan menggunakan pembangkit dengan bahan bakar fosil untuk melistriki fasilitas semacam itu sekitar US$ 1.000 per kilowattnya.

Menurut Scott Samuelsen, direktur National Fuel Cell Research Center UC Irvine, dengan meningkat dan tersebar luasnya teknologi maka biayanya juga akan semakin turun, bahkan mungkin pada tingkat yang lebih kompetitif.

Sukses tidaknya proyek tersebut akan memberikan gambaran bagi pihak-pihak yang terlibat untuk melihat aplikasinya pada pasar yang lebih luas. Jika sukses, maka kemungkinan penerapan sistem tersebut bisa pada berbagai bentuk limbah.

No comments: