jaringan yang disembunyikan

[pesawat]........[Milter].......[ekonomi]......[psikologi].......[nutrisi]
[kedokteran]........[Resepmasakan].......[politik].......[sejarah]
[teknik].......[sains].......[Teknologi]......[pertanian].......[Perikanan]
[kelautan].......[tambang].......[job].......[Kesehatan]

...................................................................................................................

(HOME)

26 November, 2008

Cara terefisien menghasilkan hidrogen dari biofuel

Umit Ozkan, profesor teknik kimia dan biomolekuler di Ohio State University, menjelaskan bahwa katalis baru tersebut jauh lebih murah dibandingkan katalis-katalis lainnya yang saat ini sedang dikembangkan. Harga katalis tersebut bisa ditekan karena tidak lagi menggunakan logam-logam mulia seperti platinum ataupun rhodium.

''Rhodium lebih banyak digunakan, dan harganya berkisar US$ 9.000 per ounce (28,5 gram). Sedangkan katalis yang kami kembangkan berharga sekitar US$ 9 per kilogramnya,'' ungkap Ozkan.

Dalam paparannya pada pertemuan American Chemical Society di Philadelphia, seminggu yang lalu, dia bersama dengan rekan-rekan penelitinya menjelaskan bahwa katalis tersebut bisa mendorong kendaraan hidrogen menjadi lebih praktis di masa mendatang.

''Masih banyak masalah-masalah praktis yang harus diselesaikan sebelum kita bisa menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar, seperti bagaimana membuatnya, bagaimana memindahkannya, bagaimana membuat infrastruktur agar orang bisa mengisi kendaraannya dengan bahan bakar tersebut,'' jelasnya.

''Penelitian kami lebih terfokus pada ''strategi distribusi''. Artinya, daripada membuat hidrogen dari biofuel pada lokasi dan fasilitas terpusat dan kemudian memindahkannya ke stasiun pengisian bahan bakar, katalis kami bisa digunakan di dalam reaktor yang terletak di stasiun pengisian bahan bakar tersebut, sehingga kita tidak perlu lagi memindahkan ataupun menyimpannya. Kita bisa menyimpan biofuel dan membuat hidrogen di tempat yang sama,'' tambahnya.

Katalis yang terbuat dari logam mulia sangat mahal dan biasanya bekerja pada temperatur tinggi. Logam mulia mempunyai aktivitas katalitis tinggi dan pada banyak kasus mempunyai stabilitas yang tinggi pula.

Dengan membuat semacam bubuk abu-abu yang terbuat dari butiran-butiran kecil cerium oksida (sebuah bahan yang biasa terdapat dalam keramik) dan kalsium, yang dilapisi dengan partikel-partikel cobalt dengan ukurang yang jauh lebih kecil, maka aktivitas dan stabilitas yang tinggi bisa didapat. Hal tersebut berakibat pula pada ukuran reaktor yang bisa dibuat menjadi lebih kecil.

Selain itu masalah yang sering dihadapi dalam riset katalis saat ini adalah terbentuknya lapisan karbon di permukaan katalis, bisa teratasi dengan menggunakan metode tersebut.

Tidak hanya itu, produksi hidrogennya mencapai efisiensi 90% pada suhu berkisar 350 derajat Celcius. Dan dengan suhu yang masih termasuk rendah bagi standar industri tersebut, efeknya adalah penghematan energi dan biaya.

No comments: