jaringan yang disembunyikan

[pesawat]........[Milter].......[ekonomi]......[psikologi].......[nutrisi]
[kedokteran]........[Resepmasakan].......[politik].......[sejarah]
[teknik].......[sains].......[Teknologi]......[pertanian].......[Perikanan]
[kelautan].......[tambang].......[job].......[Kesehatan]

...................................................................................................................

(HOME)

26 November, 2008

Kelompok pecinta lingkungan Inggris masyarakatkan pembuatan biodiesel secara sederhana

Mike Kempton salah satu peserta sekaligus pemilik bisnis rental limosin, mengungkapkan bahwa prospek bahan bakar murah sangat menjanjikan pada saat harga minyak mencapai harga tertingginya dalam sejarah. ''Saya ingin menghemat sekaligus tidak mau berada dalam posisi terisolasi dari bahan bakar dan tidak bisa mengendarai kendaraan saya,'' tambahnya. ''Saya juga sangat peduli dengan apa yang kita lakukan terhadap lingkungan''.

Pelatihan yang diadakan oleh Low Impact Living Initiative (LILI) selalu mengalami peningkatan jumlah peserta setiap kali harga minyak mengalami kenaikan harga. Sejauh ini LILI sudah melakukan pelatihan terhadap lebih dari seribu orang.

Pemerintah juga memberlakukan kondisi yang lebih kondusif dengan tidak menerapkan pajak bagi produksi biofuel selama produksi per orang per tahun tidak melebihi 2.500 liter.

Sementara itu, Jon Halle, tutor dari Goldenfuels, memberikan pelatihan dengan teknologi sederhana dan pelajaran kimia dasar kepada para peserta pelatihan.

Untuk menghasilkan 1 liter biodiesel, Jon Halle mencampurkan seliter minyak sayur dengan methanol dan beberapa bahan lainnya, kemudian memanaskannya.

Halle juga menekankan bahwa produksi biodiesel dengan metode yang dilakukannya tidak terlalu berbahaya, meski bagi mereka yang tidak mempunyai latar belakang teknis. ''Anda menggunakan bahan kimia berbahaya dan listrik dalam prosesnya, artinya Anda juga bisa menanggung resiko jika tidak berhati-hati.''

''Proses produksinya tidak membutuhkan ilmu pengetahuan tentang roket, tetapi hanya seperti memasak biasa tetapi dalam skala yang lebih besar,'' tambahnya.

Menurut beberapa peserta, tidak semudah seperti yang dilakukan Halle. Mereka harus menakar asam lemak di minyak dalam jumlah yang pas untuk dinetralisir menjadi bahan bakar.

Jika semuanya dilakukan dengan benar, biodiesel bisa digunakan tanpa sedikitpun modifikasi dan tanpa menyebabkan hilangnya unjuk kerja mesin.

No comments: