jaringan yang disembunyikan

[pesawat]........[Milter].......[ekonomi]......[psikologi].......[nutrisi]
[kedokteran]........[Resepmasakan].......[politik].......[sejarah]
[teknik].......[sains].......[Teknologi]......[pertanian].......[Perikanan]
[kelautan].......[tambang].......[job].......[Kesehatan]

...................................................................................................................

(HOME)

26 February, 2009

apakah manusia? yang melakukan kejahatan moral

Dubes Saudi: Tragedi Palestina Menyakitkan



Jumat, 16 Januari 2009 | 15:23 WITA

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Abdurrahman Al Hayat, mengungkapkan prihatin atas krisis Palestina. "Tragedi Palestina merupakan persitiwa yang sangat menyakitkan," katanya kepada wartawan di Makassar, Jumat (16/1).

Abdurrahman mengungkapkan hal itu dalam kunjungannya ke Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Jl Perintis Kemerdekaan km 10, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia diterima langsung oleh Pembantu Rektor I Unhas, Prof Dadang Suriamihardja di ruang Senat Gedung Rektorat Unhas lantai dua.

Tragedi Palestina, kini memasuki hari ke-21. Kemarin, Israel tetap gencar menggempur sejumlah lokasi di wilayah Jalur Gaza. Tank-tank dan pesawat tempur Israel tidak "pandang bulu" dalam mengincar serangan.

Bahkan, Markas Badan Bantuan Sosial dan Pekerja PBB (UNRWA) di Gaza pun tidak lepas dari incaran tembakan tiga tank Israel. Akibat serangan Israel sejak 27 Desember, sedikitnya 1.100 orang tewas dan 5.000 orang terluka. Di antara korban tewas terdapat 355 anak-anak, 100 wanita, dan 117 orang lanjut usia.(*)

sejarah runtuhnya wtc

Hari ini tepat 6 tahun yang lalu yaitu 11 September 2001 terjadi tragedi WTC yang menelan korban ratusan jiwa yang tidak berdosa.
Berikut ini sekilas foto2 dari kejadian tersebut :






Pesawat kedua sedang menuju gedung World Trade Center untuk menghantam tower bagian selatan. Dalam kurun waktu 18 menit, 2 pesawat telah menghantam kedua gedung kembar dari World Trade Center di Manhattan.




Tampak sebuah bola api dari salah satu gedung World Trade Center sesaat setelah pesawat kedua menabrak gedung. Pada latar belakang, terlihat asap tebal berasal dari gedung pertama yang dihantam pesawat. Jembatan Brooklyn tampak disebelah depan.




Salah seorang korban sedang dirawat oleh seorang petugas kesehatan. Wanita ini beruntung telah diselamatkan sebelum gedung WTC runtuh.




Pada saat gedung kembar tersebut runtuh, lebih dari 2.900 orang tewas, jalan2 Manhattan telah ditutupi oleh sekumpulan debu dan tempat dimana kedua gedung kembar yang dulunya mempunyai julukan gedung tertinggi didunia itu berada sekarang, dinamakan ground zero.




Petugas pemadam kebakaran dan ambulan sedang menolong korban2 yang masih selamat.




Seorang petugas kepolisian New York City, Richard Adamiak, berlindung dari serbuan debu2 yang beterbangan di salah satu gedung di sekitar WTC sesaat setelah gedung pertama runtuh.




Petugas2 penyelamat dan rumah sakit meneruskan tugas mereka mencari korban2 yang masih selamat ditengah-tengah runtuhan gedung WTC tepat 24 jam setelah gedung kembar WTC runtuh.




2 orang wanita sedang berjalan ditengah2 kumpulan debu sesaat setelah runtuhnya gedung WTC.




Michele Defazio sedang memegang foto suaminya yang hilang Jason Defazio, yang bekerja di lantai 104 salah satu gedung WTC.




Petugas pemadam kebakaran 226 sedang bersedih karena kehilangan 4 orang rekannya yang ikut menjadi korban.




Jay Robbins sedang memberikan penghormatan terakhir kepada rekannya Yamel merino, seorang petugas penyelamat yang ikut menjadi korban WTC.




Tampak seperangkat minum teh yang dilapisi debu tebal yang berasal dari runtuhan gedung WTC. Perangkat minum teh ini milik salah seorang keluarga yang tinggal di apartment Cedar Street, berseberangan dengan gedung WTC.




Asap tebal masih tampak dari runtuhan gedung WTC pada tanggal 15 Sept 2001, 4 hari setelah gedung WTC runtuh.

Manfaat buah-buahan

February 10th, 2009 by psycho

APEL - Jus apel dan bayam (atau dapat dimakan terpisah) merupakan kombinasi unik. Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asam oksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding usus dan melalui gerakan kimia yang kuat tapi aman “melepaskan” kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan

atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung.

ALPUKAT - Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak sajamenjadi sumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tetapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

PISANG - Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yan mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Karena daging buah pisang sangat lembut, dianjurkan untuk tidak dijadikan jus.

BELEWAH - Kandungan beta-carotene, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus sehingga sangat membantu gangguan usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

JERUK
- Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

KURMA
- Kandungan gula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan enerji tinggi. Bahkan ada legenda bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanya dengan 3 butir buah kurma, tentunya yang berkualitas tinggi. Kandungan gula kurma sangat membantu menyembuhkan luka. Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

PEPAYA dan MANGGA
- Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan da peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

PEAR
- Mengkonsumsi buah pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak, dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.

NANAS
- Enzim bromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga menghancurkan bisul bila ada. Masakan yang dibuat dengan 250 gr Nanas yang diiris-iris, 60 gr cincangan daging ayam dan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.

DELIMA
- Di Irak dan Iran, jus delima yang dibuat kumur terlebih dahulu sebelum diminum membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Memakan dengan perlahan-lahan buah delima dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindari kekeringan tenggorokan. Manfaat lainnya, kandungan zat tannin dalam buah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasa digunakan oleh penduduk Mesir dan Vietnam.

TOMAT
- Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Konsumsi tomat yang teratur membantu mengobati penyakit anoreksia (kehilangan nafsu makan).

SEMANGKA
- Terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandungan asamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan penyakit arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.

KELENGKENG/LENGKENG
- Buah ini banyak mengadung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. Sebagai salah satu sumber enerji yang besar serta mengembalikan kelancaran aliran enerji, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan enerji bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihan rambut dini. Selain itu akan mempercepat kesembuhan luka luar. Awas, konsumsi secukupnya saja, kalau kelebihan akan membuat tubuh jadi panas akibat kelebihan energi.

BELIMBING
- Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.

LECI
- Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah Leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

KELAPA
- Air kelapa mengandung sukrosa, fruktosa dan glukosa, sedangkan dagingnya selain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan tentunya minyak kelapa. Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes. Selain itu minum air kelapa muda dipercaya membuang racun dalam darah. Perhatian, terlalu banyak minum air kelapa muda menyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan pada tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa.

Penjelasan Lengkap Tentang Pesawat Siluman

Pesawat siluman (bahasa Inggris: stealth aircraft) atau disebut pesawat amat senyap[1] adalah pesawat yang dirancang untuk menyerap dan membelokkan radar menggunakan teknologi siluman, membuatnya lebih sulit untuk dideteksi. Pada umumnya tujuannya adalah melancarkan serangan selagi dia masih berada di luar pendeteksian musuh. F-117 Nighthawk adalah salah satu jenis pesawat siluman yang digunakan angkatan udara Amerika Serikat dalam Perang Teluk.


http://img204.imageshack.us/img204/681/stealthog7.jpg

Pesawat siluman memiliki kemampuan untuk menghindari pendeteksian, baik deteksi secara visual, audio, sensor panas, maupun gelombang radio (radar). Secara visual, pesawat lebih sulit untuk terlihat bila mempunyai warna yang sama dengan warna latar belakangnya (kamuflase). Secara audio, tentunya berusaha untuk membuat pesawat semakin tenang. Secara sensor panas, pesawat biasanya dideteksi dari panas yang timbul dari badannya atau dari temperatur udara di sekelilingnya. Bagian paling panas dari pesawat biasanya adalah saluran buangan udara mesin atau exhaust dan leading edge (bagian pesawat yang pertama membelah udara). Panas dari exhaust bisa dikurangi dengan cara mencampur semburan mesin dengan udara dingin dari luar badan pesawat sebelum dihembuskan keluar pesawat dan memperpanjang pipa exhaust (seperti A-4 Skyhawk Indonesia yang mempunyai exhaust lebih panjang dibanding versi standarnya). Bagian exhaust ini biasanya dikejar oleh rudal anti-pesawat dengan sensor inframerah. akan tetapi rudal pencari panas modern kini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengejar panas yang dihasilkan akibat pergesekan permukaan badan pesawat dengan udara.

Deteksi secara gelombang radio adalah dengan cara mencegah gelombang radio dari radar tidak terpantul dari badan pesawat dan kembali ke radar. Gelombang radio tersebut bisa diserap jika badan pesawat dilapisi RAM (Radar Absorbent Material), dipantulkan ke arah lain, atau sedemikian sehingga gelombang tersebut menjadi hilang atau saling meniadakan (hal inilah yang mendasari bentuk pesawat siluman yang mempunyai bentuk yang lain dari pesawat biasa atau agak aneh).

Pesawat siluman biasanya tidak 100% tidak terdeteksi radar. Tetapi karena memiliki RCS (Radar Cross Section) yang kecil maka di layar radar hanya tampak sebesar gerombolan burung, bukan pesawat.

Penemu Teknologi Siluman





'Siluman' dikembangkan oleh seorang ilmuwan Rusia, tahun1966 oleh Dr. Pyotr Ufimtsev melalui sebuah kertas kerja yang berjudul method of edge waves in the physical theory diffraction (Metode Gelombang Tepian dalam Teori Fisik Difraksi) yang merupakan kertas kerja yang cukup panjang namun tidak bertele-tele yang diterbitkan oleh salah satu media di Moskow pada tahun 1966. Namun kertas kerja ini tidak memperoleh sambutan yang hangat oleh para ahli di sana, karena banyak isinya yang tidak bisa dicerna oleh akal sehat. Padahal Ufimtsev adalah ahli yang berpengalaman dalam Institut Rekayasa Radio Moskow.

Ide murni Ufimtsev berupa formulasi pelumpuhan radar dan jaringan kerjanya diambil dari kesimpulan mentah ahli Inggris james klark maxwell pada abad ke-19 di mana setelah diramu berkali-kali ditambah dengan penalaran terpadu, Ufimtsev mengkalkulasikan cara-cara baru, yakni membentuk ruang bentuk geometris khusus yang mencerminkan radiasi elektromagnetis. Dengan menciptakan kalkulasi silang sebuah radar yang mudah dilumpuhkan. Ia menetapkan rumus konfigurasi bersisi dua dimensi, berupa tata cara mengutak-atik komponen dalam sebuah radar. Hasilnya, radar bisa terganggu bila dikacaukan dengan sinar dua dimensi tadi. Sinar itu sebenarnya masih belum cukup tetapi jika dikalkulasikan secara cermat dari situ bisa diciptakan pesawat tiga dimensi yang sulit dilacak radar.

Secara teoritis, banyak sekali kekuatan untuk melumpuhkan stealth, namun diperlukan sangat banyak jaringan komputer yang bekerja sangat cepat. Persisnya seperti mengamati bola dengan menggunakan teropong di mana bisa dilokalisasi namun jangan harap bisa menjejaknya sehingga ibarat bola yang dimainkan, para pemain sudah menggiring bola entah ke mana dan tidak mungkin menembak bola yang terbang entah ke mana arahnya dengan senapan angin.

Pada tahun 1979, Rusia mengembangkan satu pesawat intai dan dari uji coba ternyata berhasil mengecoh radar anti pesawat terbang Amerika Serikat di padang pasir Nevada.

Pada tahun 1976, salinan tersebut akhirnya bocor dan jatuh ke tangan Amerika Serikat, lantas dialihbahasakan oleh divisi teknologi Angkatan Udara Amerika. Secara rutin, para ahli di Angkatan Udara menjabarkan, menganalisis dan mengembangkan teknologi steath tersebut. Di antaranya berupa pesawat mata-mata SR-71 Blackbird, F-117 dan B-2.





Prinsip Pesawat Siluman

Pada prinsipnya, supaya pesawat tersebut menjadi stealth (siluman) dalah cara memperkecil Radar Cross Section (RCS) yang tampak pada Radar. Langkah yang dilakukan adalah membuat desain bentuk pesawat tersebut sedemikian rupa sehingga permukaan-permukaan pesawat sekecil mungkin memantulkan energi yang dipancarkan radar untuk ditangkap kembali oleh antena radar. Bahkan bila perlu bentuk pesawat tersebut sama sekali tidak memantulkan energi radar. Kalaupun dipantulkan, diusahakan agar pantulan energi radar tersebut diarahkan ke arah lain sehingga jika ada yang tertangkap kembali, paling tidak hanya sebagian kecil saja. maka bentuk pesawat dibuat aneh tidak seperti biasanya. Seperti contoh, bentuk pesawat B-2 yang memiliki rentang yang sama panjangnya dengan rentang pesawat DC-10 namun bentuknya dibuat pipih dan melengkung di bagian tengah badannya. Dengan bentuk demikian, disamping cepat rambat pancaran radar diperlambat juga memberikan efek pantulan ke segala arah.

http://img402.imageshack.us/img402/8969/stealth1fq6.jpg

Bentuk sayap pesawat juga mempengaruhi pantulan pancaran energi radar. Bentuk sayap pesawat lama yang lurus ke samping misalnya memberikan pantulan yang sempurna sehingga pesawat ini mudah terdeteksi. pada layar monitor, titik RCS pesawat-pesawat itu tampak besar.

Melihat kenyataan demikian, kemudian orang membuat sayap sayung kebelakang, memang memperkecil pantulan namun tidak memuaskan karena RCS makin besar, maka dibuatlah delta yang membuat sebagian besar pancaran radar yang mengenai sayap itu, sebagian besar dibuang ke arah lain. Kemudian dibuat sayap dengan bentuk sabit seperti yang dimiliki pesawat-pesawat generasi berikutnya. Dengan membuat lengkungan pada bagian sayap, leading edge, maka pantulan ke arah lain semakin sempurna.

Desain lain adalah membentuk pesawat bersegi-segi kubustik seperti bentuk mata faset, seperti pada mata capung. Bentuk tersebut juga ditemui pada helikopter pada generasi 1980-1990-an seperti pada AH-1 Cobra, dan AH-64 Apache sehingga pantulan radar tidak kembali ke antena radar.

Kemudian umumnya desain pesawat stealth tidak mengijinkan adanya pylon atau penggantung rudal maupun roket yang digantungkan pada badan dan sayap pesawat seperti yang dijumpai pada pesawat umumnya. Sehingga rudal ditempatkan pada rak-bom (bomb bay) khusus.

Cara lain yakni dengan menggunakan material khusus yang dikenal sebagai RAM (Radar Anti material) yang merupaka bahan penyerap energi pancaran radar. Bahan-bahan tersebut antara lain komposit berupa graphyte epoxy dari karbon. Karena bahan itulah, maka energi radar tidak terpantulkan.

Meskipun demikian, rancangan tersebut tetap tidak sempurna untuk mengelabui radar. Sebagai contoh pesawat stealth F-117 berhasil ditembak jatuh oleh rudal anti pesawat udara SAM (Surface to Air Missiles) SA-2 Guideline milik Serbia ketika operasi udara NATO pada tahun
1999 saat Konflik Kosovo.

Hitam-Putih AREA 51 - vincenzo - 21 Jun 2008 17:08

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Area 51 yang misterius menyimpan proyek rahasia. Kebanyakan orang yakin proyek rahasia yang dikerjakan adalah pesawat militer rahasia. Bill Sweetman, penulis sekaligus pengamat penerbangan militer, mencoba menyelidiki dan melakukan perkiraan ilmiah seperti apa "pesawat hitam" tersebut. Berikut rangkuman dari catatannya.

Penduduk di Las Vegas dan sekitarnya mungkin sudah terbiasa melihat pemandangan di angkasa yang ganjil dan mengundang tanya. Apalagi jika dikaitkan dengan keberadaan Area 51 di dekat Groom Lake, Nevada.

Begitu pula saat langit Las Vegas diramaikan pesawat Boeing misterius di tahun 2004. Enam pesawat Boeing B737 tanpa identitas terbang komuter ke arah gurun. Penerbangan tak jelas ini bukan hanya sekali. Setiap pagi hari kerja pesawat-pesawat tersebut terbang dari sebuah terminal misterius di sisi barat McCarran International Airport.

Pesawat berangkat meninggalkan mobil-mobil yang terparkir di area parkir berkapasitas 1.600 mobil. Di pengujung hari, pesawat kembali dan tempat parkir kembali kosong. Begitu setiap hari kecuali akhir pekan. Sementara penduduk San Diego merasakan guncangan. Meskipun seperti gempa, jelas insiden ini bukan disebabkan oleh gempa. Tentu saja yang dituding pihak militer dengan pesawat rahasia mereka. Namun dengan tegas pihak militer menyangkal. Mereka meyakinkan bahwa insiden tersebut bukan disebabkan oleh salah satu pesawat mereka. Karena itu media pun menyingkirkan kemungkinan adanya sonic boom.

Insiden membingungkan ini bukanlah hal yang baru. Paling tidak sejak tahun 2003, telah terjadi enam insiden serupa yang membingungkan.

Kebingungan sedikit terjawab saat berlangsungnya Farnborough International Airshow di selatan Inggris Juli lalu. Saat itu Frank Cappucio menggelar jumpa pers. Cappucio adalah wakil presiden divisi Skunk Work yang merupakan proyek rahasia Lockheed Martin. Dalam jumpa pers tersebut Cappucio mempertunjukkan film yang ia sebut sebagai video promosi seraya menambahkan bahwa film tersebut untuk menunjukkan anak-anak dan keluarga tentang apa yang mereka kerjakan.

Dua menit setelah film diputar, tampak sebuah pesawat abu-abu tanpa kokpit yang belum pernah dilihat orang. Pesawat yang menyerupai bomber B-2 tersebut melayang dilatarbelakangi pemandangan bukit dan pegunungan berbatu nan tandus.

Meskipun tidak secara langsung merujuk insiden membingungkan yang terjadi, bisa dibilang semua saling terkait. Paling tidak merupakan tanda yang jelas adanya hubungan antara dunia dirgantara dan militer, yakni program militer rahasia.

Tak salah lagi, pesawat 737 misterius yang dipertanyakan mengangkut karyawan ke pusat uji terbang di dekat Groom Lake Nevada. Wilayah yang oleh publik lebih dikenal sebagai Area 51 dan lekat dengan "dunia hitam" karena penuh rahasia. Pesawat berwarna abu-abu dalam video promosi tersebut adalah Polecat, generasi berikut stealth unmanned aerial vehicle (UAV). Orang merasa, jumpa pers yang dilakukan Cappuccio berikut film yang diputar adalah cara "licik" untuk mengungkap program yang telah berlangsung selama ini.

Jadi, guncangan "gempa" yang tak jelas asalnya kemungkinan besar adalah sonic booms dari pesawat serbu hipersonik seperti selama ini dicurigai orang. Terutama oleh mereka yang antusias terhadap proyek rahasia dan antusiastik militer.

Dunia pesawat hitam tanpa disangkal lagi telah menciptakan kemajuan paling signifikan dalam teknologi aviasi. Tahun 1950-an, dunia hitam telah menghasilkan pesawat mata-mata U-2, yang terbang lebih tinggi dan lebih jauh daripada orang pernah pikirkan. Satu dekade kemudian, proyek ini melahirkan SR-71 Blackbird, raja kecepatan yang eksotis. Selain itu proyek dunia hitam juga memproduksi pesawat istimewa yang lambat tapi siluman (stealth), F-117 yang bagaikan karya origami.

Kegiatan pesawat uji yang saat ini muncul dalam bentuk terang-terangan, bagi pengamat merupakan tanda adanya suatu upaya yang sedang dilakukan.

Program rahasia (terklasifikasi) biasanya dikuak untuk mendukung operasi tempur atau saat teknologinya digunakan program lain. F-117 keluar dari dunia hitam ketika Perang Irak pertama kali 15 tahun silam. Sejak itu hanya tiga pesawat yang diperkenalkan. Yaitu Polecat dan lainnya adalah pesawat intai Tacit Blue produksi Northrop Grumman yang dijuluki "the Whale". Pesawat ke tiga adalah pesawat Boeing, Bird of Prey. Pesawat ini teruji untuk strategi siluman, termasuk memperkecil bayangan dan kontras. Isunya bahkan pesawat ini memiliki teknik iluminasi yang memungkinkan pesawat untuk berbaur dengan latar belakangnya.

Meskipun beberapa tahun terakhir program seolah berhenti, kelihatannya proyek berjalan kembali. Paling tidak upaya itu ditunjukkan pesawat yang sudah tidak misteri lagi melalui kegiatan akhir-akhir ini. Kegiatan yang tak terlalu padat ini cukup menunjukkan komunitas pesawat hitam tidak tidur.

Bahkan disinyalir sedang dibangun landasan tambahan, serangkaian hangar baru, dan sejumlah bangunan di pangkalan. Bukti ini bisa dipantau melalui Google Earth. Alokasi anggaran tak jelas dan tak terlacak juga meningkat. Anggaran semacam ini biasa dianggarkan dan kerap menjadi tanda adanya program rahasia. Peningkatan anggaran berarti peningkatan program rahasia.

Berarti pula inovasi teknologi modern kini memungkinkan perancangan pesawat yang di dunia hitam sempat agak terseok-seok selama bertahun-tahun. Lebih jauh lagi, terdapat kekosongan signifikan dalam persenjataan aviasi yang dikenal. Masuk akal jika kekosongan ini secara aktif maupun diam-diam dicoba untuk diisi oleh Pentagon.
Lalu kenapa harus rahasia? Jawabannya sederhana, adalah penting untuk menjaga unsur kejutan dalam teknologi yang dikembangkan. Pentagon berharap untuk mencegah musuh menciptakan strategi gunamelawan teknologi tersebut. Tantangannya adalah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, tanpa mengkhianati keselamatan nasional. Semakin besar dunia hitam, semakin baik kegiatannya tertutup rapat.

Pesawat Angkut Siluman
Salah satu petunjuk untuk sebuah program rahasia, adalah adanya kekosongan dalam "dunia putih". Salah satu kekosongan ini adalah pesawat angkut siluman dengan landasan pendek. Komunitas operasi khusus AU AS sudah lama bicara soal pesawat angkut siluman yang dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal atau beberapa ratus kaki di atas permukaan tanah. Contoh standarnya adalah di atas lapangan sepakbola.
Helikopter transport V-22 Osprey tilt rotor merupakan sebagian jawaban bagi masalah ini. Di sisi lain, militer tentu lebih menyukai sesuatu yang lebih cepat agar pesawat dapat terbang lebih jauh ke dalam dan ke luar wilayah musuh. Sedangkan rotor besar Osprey dengan mudah tertangkap radar. Sejauh ini, dalam dunia terbuka belum ada tanda pesawat seperti yang diharapkan.

Mungkin bisa jadi jawaban, para insinyur di Skunk Works mendaftarkan aplikasi paten untuk pesawat sejenis. Pesawat baru butuh waktu bertahun-tahun untuk pengembangan. Sebuah arsip paten berusia 14 tahun bisa dengan mudah dianggap mewakili program yang ada sekarang..

Tanpa ekor, sayap menyatu dengan badan, pesawat ini ditenagai enam mesin jet. Mesin ini menggerakkan fan pengangkat mirip rotor. Fan ini terpasang di dalam lubang bulat yang besar di sayap. Untuk lepas landas dan mendarat, pintu-pintu dan katup dengan penutup bertingkat akan terbuka. Fan pun akan mengangkat pesawat secara vertikal. Ketika terbang jelajah, mesin menggerakkan fan lebih kecil yang mendorong ke arah depan. Kenapa enam mesin? Mesin dan fan terhubungkan oleh sebuah sistem katup bersilang yang rumit sehingga mesin yang mana pun dapat mengirimkan tenaga ke sisi pesawat mana pun. Dengan enam mesin, pesawat tetap dapat menuntaskan misi meskipun satu mesin rusak.

Lalu, apakah pesawat semacam ini sudah ada? Pekerjaan menyangkut pesawat Vertical and Take Off Landing (VTOL) tetap harus dilakukan. Mungkin kali ini lebih dibutuhkan daripada sebelumnya. Secara teknologi, pesawt ini mungkin mengambil keuntungan dari inovasi di balik mesin berbagi tenaga pada Osprey. Pada pesawat ini, jika salah satu mesin mati, mesin kedua tetap dapat menggerakkan kedua propeler. Teknologi yang juga berguna adalah pengembangan fan pengangkat vertikal yang digerakkan oleh katup pada pesawat baru F-35 Joint Strike Fighter atau JSF.

Special -Ops Infiltrator
Pesawat : Pesawat VTOL untuk mengangkut pasukan operasi khusus ke wilayah musuh (rawan).
Teknologi: Badan pesawat dirancang menyatu dengan sayap. Dilengkapi 6 mesin jet yang memberi tenaga pada fan pengangkat pesawat dan menghasilkan daya dorong ke depan.
Bukti: Arsip paten, kekosongan yang nyata di arsenal, pengembangan terbaru teknologi kunci untuk pesawat sejenis.

Tanpa Awak, Tak Terlihat, Tak Terbatas
Meskipun pesawat tempur dan pembom berawak telah lama mendominasi program rahasia, pesawat tanpa awak mencuat sama cepatnya di dunia hitam dan dunia putih. Terutama karena AU kekurangan pesawat intai siluman. Mereka berencana menggantikan Spyplane U-2 dengan Global Hawk UAV.

Global Hawk memiliki kelebihan sebagai robot. Karakteristik robot ini memungkinkan untuk penerbangan lebih lama dan lebih jauh karena tidak ada awak. Meskipun begitu, dibanding U-2 pesawat ini terbang kalah tinggi dan tidak dapat membawa kamera dengan kinerja tinggi sebagaimana U-2. Selain itu tidak dapat membawa pengacak untuk mengecoh peluru musuh.

Polecat, yang baru saja keluar dari dunia hitam, bisa jadi bagian dari jawaban yang ditunggu. Perwakilan Lockheed Martin berbicara mengenai sebuah versi operasional dengan altitude dan payload seperti U-2 bersama teknologi untuk mengelak deteksi visual. Termasuk kelengkapan yang terdapat pada Bird of Prey. Kemungkinan juga diengkapi sistem otomatis yang mendeteksi jejak asap di belakang pesawat hingga bisa memerintahkan sistem kendali untuk mengubah ketinggian.

UAV siluman lain kemungkinan juga sudah diuji. Di antaranya kemungkinan UAV bersenjata. Contohnya, diketahui kalau pembuat mesin Williams International mengirimkan beberapa lusin pertama mesin jet kecil barunya, FJ33 kepada pemerintah AS. Sudah empat atau lima tahun lalu, namun tidak ada proyek yang diketahui menggunakan mesin tersebut. Laporan terbaru dalam Jane's International Defence Review menggambarkan pesawat lain yang lebih besar menggunakan mesin berbeda dari Polecat. Sepertinya didaur-ulang dari program UAV tahun 1960-an. Artikel tersebut berspekulasi bahwa mesin tersebut kemungkinan General Electric J97, dibuat untuk UAV yang disebut Compass Arrow.

Kenapa menggunakan mesin jet tua? Hanya ada satu alasan bagus. Mesin J97 tidak biasa dan dirancang untuk beroperasi hingga 80.000 kaki. Ketinggian yang membuat kebanyakan mesin jet terbatuk-batuk, stall dan menyerah. AU tidak mengirim siluman B-2 dan F-117 di atas wilayah rawan saat tengah hari, karena pesawat-pesawat tersebut dapat dengan mudah terlihat.

Sebaliknya pada ketinggian 80.000 kaki, enam mil di atas ketinggian jelajah pesawat tempur, langit hampir sehitam saat malam hari. Ini membuat UAV dapat lolos meskipun tengah hari. Pengamat mencurigai Polecat dan kedua, stealth UAV yang lebih besar saat ini tengah melalui uji coba ketinggian tinggi di Area 51.

Sebagian proyek UAV mungkin lebih lambat dibandingkan bird stealth sekalipun. Sebuah paten Boeing dicatatkan pada 2004. Menggambarkan sebuah pesawat yang merupakan perpaduan antara airship dan pesawat terbang. Pesawat ini menggunakan daya angkat dari gas helium dan daya angkat sayap yang dihasilkan dari kecepatan ke depan. Selain itu juga mengambil untung dari pengembangan terkini pada pembangkit tenaga solar dan kendali terbang mandiri.

Apa keuntungan pesawat seperti ini? Satu hal, pesawat akan memiliki daya tahan untuk penerbangan panjang dengan ukuran hari atau minggu, bukan jam. Hal lain lagi, airship dapat dengan mudah dibuat untuk mengakomodasi antena yang sensitif dan sangat besar. Jika ingin menemukan transmisi radio yang lemah atau sporadis, seperti ponsel atau telepon satelit yang tersebar digunakan oleh insurgent group, airship adalah platform ideal.

Recon Platform
Pesawat: Sayap terbang tanpa awak berkemampuan intai dalam durasi panjang, hitungan hari atau minggu, bukan jam.
Teknologi: Kontrol terbang mandiri dengan motor listrik ultra efisien bersumber tenaga panel solar atau fuel cells.
Bukti: Arsip paten, saat ini kebutuhannya jelas ada, pengembangan teknologi kunci yang mendukung.

Menghidupkan Kembali Avenger
Satu lagi kekosongan pada kemampuan AS adalah kurangnya pesawat ground-attack segala cuaca. JSF mungkin bisa melakukan namun kemungkinan baru pada tahun 2014. F-22 Raptor umumnya fighter air-to-air, lambat laun akan bisa melakukan sebagian dari itu. Namun jet ini hanya mengangkut 2.000 pound (sekitar 1 ton) muatan bom, relatif kecil. F-117 Stealth Fighter dapat terbang hanya pada malam hari yang cerah karena tidak memiliki radar untuk bisa menembus langit berawan. Akibatnya, akurasi pemboman kurang. Sementara lapisan hitam pesawat dapat dengan mudah terlihat dari bawah.

Petunjuk soal kemungkinan adanya pesawat penyerang saat ini tengah diujicoba, bisa jadi benar. Bahkan salah satunya kemungkinan tersedia sebelum 2014 dan mampu mengangkut beban bom lebih signifikan. Paling tidak menurut sejarawan aerospace Peter Merlin dalam biografi pilot tes. Daniel Vanderhorst menerbangkan Whale dan enam pesawat rahasia lainnya dalam 20 tahun karirnya. Ia melakukan uji coba terhadap gear pendarat yang dimodifikasi dan melakukan sejumlah tes pendahuluan terhadap ruang senjata internal (internal weapons bays) dan uji weapon separation.

Yang luar biasa dari uji coba tersebut adalah kebanyakan prototipe merupakan pesawat sederhana tanpa weapon bay. Hal ini menunjukkan pesawat tersebut lebih dekat sebagai tipe operasional. Secara khusus, bisa jadi merupakan perbaikan dari jet serbu bermuatan besar segala cuaca A-12 Avenger II. Tahun 1991, pesawat ini dibatalkan oleh Menteri Pertahanan Dick Chenney karena melampaui anggaran dan tidak sesuai dengan sasaran teknologinya.

Pesawat stealth-strike layaknya sayap terbang, berbasis kapal induk tersebut saat itu tengah dikembangkan di bawah klasifikasi yang ketat meski tidak sepenuhnya program hitam. Saat itu sudah 11 bulan menjelang terbang perdana, dan tidak ada yang pernah membuka apa yang terjadi atas prototipe yang sudah sebagian dikembangkan tersebut. Jika satu di antaranya sudah rampung dan diujicoba dalam program hitam yang dihidupkan kembali. Kemungkinan pada awal 1990-an dan kemungkinan mengarah pada pengganti F-117.



.Tidak seperti pesawat stealth lainnya, sebuah pesawat operasional turunan A-12 akan memiliki kemampuan kombinasi stealth ground-attack dengan kemampuan untuk membalas tembakan musuh, dilengkapi seperangkat misil anti-radar dan dua AIM-120 air-to-air missiles.

Invisible Fighter
Pesawat: Siluman, pesawat tempur udara tanpa awak
Teknologi: Tampilan siluman, termasuk pencahayaan aktif badan pesawat yang memungkinkan pesawat membaur dengan latar belakangnya.
Bukti: Arsip paten, pengembangan teknologi kunci, adanya kekosongan nyata di arsenal saat ini.

Pesawat Serbu Berjangkauan Luas
Terakhir ada Aurora. Nama ini sudah misterius, menunjukkan sesuatu yang pernah atau belum pernah terlihat. Nama kode ini bocor keluar dalam dokumen anggaran yang tidak terklasifikasi tahun 1985. Pesawat serbu reconnaisance bertenaga ramjet dengan kemampuan terbang paling tidak lima kali dari kecepatan suara dan dapat dioperasikan di mana pun di dunia hanya dalam hitungan jam, telah lama menjadi impian pemerintah AS. Aurora sudah tentu mungkin. Unit dasar propulsi, ramjet, tidak lebih dari tabung langsing dengan injector bahan bakar dan pembakar di tengahnya dan nozzle pendorong di ujungnya. Misil standar bertenaga ramjet telah melampaui Mach 6. Data aerodinamik dan penerbangan uji coba menunjukkan pesawat berbentuk V bisa berhasil pada kecepatan ini.

Program sejenis ini muncul ke permukaan pada 1988. Ketika itu New York Times melaporkan bahwa AU mengembangkan spyplane dengan kemampuan melebihi Mach 5. Dua kali lebih cepat daripada SR-71 yang saat itu merupakan pesawat tercepat.
Dua tahun kemudian, Blackbird pensiun. Juni 1991, gelombang kejut yang tidak dapat dijelaskan terjadi untuk pertama kalinya di sepanjang Los Angeles. Gelombang kejut ini mengguncang pintu-pintu dan jendela-jendela membuat orang berpikir telah terjadi gempa. Faktanya, guncangan ini bukan gempa, dan militer secara keras menyangkal kalau pesawat mereka menjadi penyebabnya.

Berdasarkan data seismograf selama 15 tahun dari California Institute of Technology, pakar sonic boom Dom Maglieri membantu menemukan adanya sesuatu pada ketinggian 90.000 kaki pada kecepatan Mach 4 hingga Mach 5. Fakta ini mengarah pada penerbangan pesawat supersonik yang tidak diakui pemiliknya.

Gelombang kejut menghebohkan tak hanya terjadi sekali tetapi diikuti serangkaian gelombang kejut lainnya. Tak lama setelah serangkaian gelombang kejut pertama, seorang insinyur perminyakan melihat formasi pesawat sewaktu bekerja di rig Laut Utara. Insinyur yang juga pakar pengenal pesawat mengenali bayangan dua F-111 bomber, sebuah tanker KC-135. Pada posisi refuelling adalah pesawat berbentuk delta yang tidak teridentifikasi. Panjangnya sekitar 90 kaki, mendekati bentuk yang dipelajari untuk pesawat jelajah high-supersonic.

Bukti ini membantu dalam menyimpulkan keberadaan awal program. Penyelidikan Sweetman berlanjut terus untuk mendapatkan tanda-tanda kegiatan terkini. Ia misalnya bertahun-tahun menyaring anggaran militer, melacak dollar yang tak jelas juntrungannya. Juga menyelidiki kode nama. Tahun ini saat melihat detail anggaran operasi AU, terdapat kebolongan 9 miliar dollar yang cocok untuk proyek seperti Aurora.

Jika memang Aurora sudah aktif selama bertahun-tahun, kenapa baru muncul sekarang? Kemungkinan yang menahannya selama ini adalah bahan bakar. Cara untuk membuat pesawat hipersonik bekerja adalah menggunakan perputaran bahan bakar untuk meredam panas mesin. Bahan bakar jet konvensional tidak dapat cukup menyerap panas untuk melakukan ini.

Tahun 1980-an, Aurora kemungkinan dirancang untuk menggunakan bahan bakar seperti hidrogen atau metan. Keduanya berbentuk gas pada suhu normal dan harus didinginkan secara super dan dipadatkan untuk memberi bahan bakar pada pesawat.

Meskipun strategi ini mungkin, secara operasiona tidaklah mudah. Pengisian bahan bakar yang rumit akan tidak produktif bagi jet yang ditujukan untuk menyediakan penerbangan sesegera saat pesawat dibutuhkan. Sekarang, teknologi bahan bakar dan mesin yang lebih baik sudah tersedia.

Pertanyaan puncaknya, apakah Aurora betul-betul ada? Pencarian bertahun-tahun membuat keyakinan itu ada. Aurora betul-betul sedang dalam pengembangan. Didorong kemajuan terkini yang memungkinkan teknologi untuk mengikuti ambisi saat meluncurkan program tersebut beberapa generasi lalu.

On-Time Delivery
Pesawat: Pesawat serbu Aurora Mach 6-plus
Teknologi: Sayap delta bertenaga ramjet
Bukti: Isu sonic boom, penampakan yang tidak terkonfirmasi, sejarah panjang isu program rahasia yang tak terjawab, pengembangan terbaru teknologi kunci, alokasi anggaran terkini yang tidak dapat dijelaskan.

.[Image: area-51.jpg]

[Image: area51.jpg]

[Image: area51_sign.jpg]



Pesawat serbu Aurora Mach 6-plus
apa pesawatnya seperti ini ?
[Image: f-117a.jpg]

21 February, 2009

Mesin Perontok Jagung, Praktis dan Murah

10/12/2008 08:59:30 Nasib petani yang tidak menentu dan harga jual produk yang selalu jatuh disetiap musim panen secara tidak langsung memotivasi Dandung Rudy Hartana ST untuk menciptakan mesin perontok jagung manual. "Mesin ini sengaja kami kemas dalam bentuk yang sederhana dengan harapan semua orang bisa mengoperasikan dan dapat dibawa ke mana-mana termasuk ke sawah. Dengan pertimbangan itu alat ini sengaja kami desain dengan panjang 60 cm, lebar 50 cm dan tinggi 105 cm," kata Dosen STTNas itu pada KR.
Warga Perum WTH Serut, Pengasih Kulonprogo menambahkan, mesin ini dirancang dengan teknologi sederhana untuk membantu petani kecil. Sehingga perawatan dan suku cadang sengaja dipilih yang paling murah dan mudah di dapat. Gigi perontok dirancang untuk menghasilkan jagung terpisah dengan tongkolnya. Konsekuensinya, untuk memudahkan petani ukuran gigi perontok dibuat berbeda-beda dan disesuaikan dengan ukuran tongkol jagung. "Gigi perontok saya buat fleksibel dan mudah diganti. Dengan penggerak manual alat ini bisa dibawa ke ladang sehingga petani bisa membawa pulang jagung pipilan," ujar Dandung.
Mesin perontok jagung manual bisa ditambah dengan penggerak motor listrik. Gigi perontoknya bisa ditambah menjadi empat atau enam buah dan dipakai 2 sampai 3 orang, sehingga kapasitas yang dihasilkan jadi lebih banyak. Karena keunggulan alat ini terletak pada gigi perontok yang menghasilkan jagung terpisah dengan tongkolnya. "Mesin perontok jagung ini saya buat dalam waktu 2 minggu dengan biaya Rp 1 juta. Dalam 1 jam mesin ini bisa menghasilkan 60 Kg jagung pipilan, bahkan jumlah tersebut dapat bertambah jika diganti dengan motor penggerak," tandasnya.
Sebagai anak petani, Dandung merasa terpanggil untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Di antaranya dengan menciptakan alat yang tepat guna dengan harga terjangkau. Keinginan itu muncul karena setiap musim panen tiba, harga jual di pasaran selalu jatuh.
"Dengan disimpan dalam bentuk jagung pipilan selain tahan lama. Harga jual yang dulunya Rp 500 per kilogram bisa naik menjadi Rp 3.000 per kilogram. Mungkin bagi masyarakat yang lain kenaikan itu terlalu kecil, tapi bagi petani sangat berarti," jelasnya.

Mendampingi Petani Belajar Tanam Jagung ala Thailand

Selama empat hari hingga awal Agustus 2008 lalu, 75 petani dan pengusaha industri berbasis jagung Indonesia melakukan studi banding ke Thailand. Berikut catatan Amal Alghozali, Ketua Umum Persaudaraan Masyarakat Tani yang juga direktur PT SMS Indoputra, produsen pupuk biologi Agrobost dan Golden Harvest.



Jagubg merupakan komoditas yang paling seksi sejak beberapa tahun ini. Bukan hanya di Indonesia, tapi di hampir semua negara. Mengapa? Sebab jagung, kedelai, dan kelapa sawit kini bukan lagi hanya untuk kebutuhan industri makanan atau pakan ternak. Sejak isu pemanasan global serta kelangkaan energi mencuat, beberapa negara besar mengubah jagung untuk kepentingan energi.

Jagung dijadikan bahan biofuel. Jagung menjadi etanol. Akibatnya, harga jagung melonjak. Indonesia bahkan tidak bisa lagi mengimpor jagung untuk menutupi kekurangan. Selain jagung, bahan etanol yang paling populer adalah tebu dan singkong.Isu itulah yang memengaruhi semua orang, termasuk para petani di Indonesia, untuk berlomba menanam jagung. Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, di lahan-lahan milik PT Perhutani di Jawa, begitu musim hujan tiba, nyaris tidak ada sejengkal pun yang tidak ditanami jagung oleh masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Tidak mengherankan, ketika ada tawaran berstudi banding ke Thailand yang difasilitasi PT Dupont Indonesia (produsen benih jagung hibrida merek Pioneer), banyak petani dan pengusaha yang terkait dengan industri jagung berebut mendaftar. Menurut Adhie Widiharto yang mengorganisasi acara tersebut, pihaknya terpaksa membatasi jumlah peserta 75 orang saja. Pendaftar yang belum mendapat kesempatan diberangkatkan pada kloter kedua, sekitar November nanti.

Rombongan besar dari Indonesia tersebut, antara lain, Suryatim “Timmy” Habibie (adik mantan Presiden BJ Habibie) yang akan mengembangkan jagung terpadu di Sulawesi, Anton Supit dari asosiasi peternak unggas, serta Safitri dari PT Bangun Cipta Group milik Ir Siswono Judo Husodo yang mengembangkan jagung berskala besar di Merauke, Papua. Grup pengusaha dari Surabaya, Pontianak, NTB, NTT, Manado, PTPN Sumatera Utara, bahkan wakil perusahaan Korea (yang berkantor di Indonesia) pun ikut bergabung dalam program tersebut. Mereka berasal dari berbagai bidang usaha, mulai industri pakan ternak (PT Japfa Comfeed), lembaga keuangan, industri pupuk, dan perusahaan-perusahaan perkebunan sawit yang mengembangkan jagung dengan sistem tanam tumpang sari.

Begitu kami mendarat di Bangkok (sore menjelang malam), rombongan langsung dibawa ke Restoran Royal Dragon yang sangat terkenal. Restoran itu sangat khas. Bukan hanya karena menyediakan menu khas Thailand, tapi juga karena menyuguhkan atraksi-atraksi spektakuler, misalnya pelayan mengantarkan makanan pesanan dengan meluncur menggunakan kawat sepanjang 500 meter. Maklum, restoran tersebut luar biasa besar dengan kapasitas lebih dari 5.000 tempat duduk.

Selanjutnya kami dibawa ke Suam Lum Night Bazaar, yaitu pasar malam terbesar di Asia yang menyuguhkan berbagai hasil kerajinan, sayur, serta buah yang diprioritaskan pada pengusaha menengah ke bawah. Harganya relatif murah dengan kualitas yang sangat baik.Pada hari kedua, pagi-pagi sekali, rombongan sudah dibangunkan untuk segera bersiap dan sarapan di hotel, sebab acara “belajar” manajemen produksi jagung segera dimulai. Dari Bangkok, kami dibawa ke Provinsi Lobbury, sekitar dua jam perjalanan dengan bus. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah pabrik pembuat corn planter, yaitu alat tanam jagung menggunakan mesin sederhana yang bisa menanam jagung 8 hektare per hari. Harga mesinnya sangat murah, sekitar Rp 7 juta. Pabrik tersebut memproduksi 24 planter per bulan dan sekitar 250 planter per tahun dengan ukuran dua row (baris) maupun empat baris. Bahkan ada pemesan yang menggunakan 7-8 baris. Hampir seluruh daerah di Indonesia sudah saya kunjungi, tapi belum pernah saya temukan pemakaian planter sederhana seperti itu oleh para petani di tanah air (meski sebetulnya sudah ada penjual planter di Indonesia). Pertanian jagung di negeri kita masih padat karya, tradisional, dan manual, sehingga sulit mendapatkan cost usaha pertanian yang lebih murah.

Perjalanan kami lanjutkan ke kawasan pertanian dan perkebunan. Kesan yang muncul di pikiran saya, pemerintah Thailand memang serius mengurus pertanian. Hal itu terlihat dari infrastruktur yang dipersiapkan dengan baik. Semua jalan menuju kawasan pertanian dibuat sangat lebar, mulus, dan tidak ada jalan yang rusak. Bahkan, tampaknya, Negeri Gajah Putih itu sudah mendesain sedemikian rupa agar hasil panen dapat diakses angkutan dengan mudah.

Kawasan pertanian dan perkebunan juga didesain menurut komoditas. Ada kawasan-kawasan yang hanya menanam komoditas buah, sayur, dan perkebunan. Selain itu kawasan pertanian ditata agar bisa dijual dan dikemas dalam paket pariwisata. Kedatangan kami, misalnya, didampingi para pemandu wisata yang sangat paham dan bisa menceritakan secara detail kebijakan pemerintah di sektor pertanian.Petani juga tidak punya kekhawatiran ke mana menjual hasil produksi setelah panen karena semua sudah tertata dan terencana begitu rapi. Kondisi yang kami lihat di lapangan hari pertama di kawasan itu sangat kontras dengan daerah-daerah pertanian di Jawa, apalagi di luar Jawa. Di tanah air, ketika musim panen raya padi ataupun jagung, bahkan panen sayuran di Indonesia, harga selalu jatuh. Salah satu faktor utamanya adalah mahalnya biaya transportasi.

Saya menjadi teringat wajah-wajah petani pelanggan pupuk saya di kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, tepatnya di Desa Tanah Merah. Pada Februari 2008, saya mengajak Ketua DPR Agung Laksono panen raya jagung di kawasan itu. Kepada ketua DPR, para petani di sana mengatakan, meski hasil panen jagung melimpah berkat penggunaan bibit dan pupuk yang bagus, tetap saja penghasilan petani tidak memadai dibandingkan dengan modal kerja dan jerih payahnya. Penyebab utama adalah biaya angkutan yang sangat mahal karena truk tidak bisa mendekati lokasi panen. Bayangkan, petani harus menyewa ojek untuk mengangkut jagung. Problem angkutan adalah salah satu. Problem lain adalah buruknya penanganan pascapanen. Misalnya, jagung rusak akibat jamur yang disebut dengan avlatoksin. Tentu bisa ditebak, harga jagung semakin hancur.

Kondisi seperti itu bukan hanya terjadi di Lombok (NTB). Di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, bahkan di sebagian wilayah Jawa Timur juga masih banyak wilayah yang infrastruktur jalannya tidak mendukung sektor pertanian. Meski demikian, kemampuan petani Indonesia dalam hal teknik budi daya, baik tanaman padi maupun jagung, tidak kalah jika dibandingkan dengan petani Thailand. Banyak petani kita lebih hebat dalam memproduksi jagung. Hasil rata-rata produksi per hektare di atas 8-9 ton. Hanya, dalam dunia pertanian, kita tidak cukup hanya melihat aspek teknik dan keampuan budi daya.

Banyak aspek yang harus dibenahi. Apalagi, sampai sejauh ini bidang-bidang yang terkait dengan pertanian seperti jalan sendiri-sendiri. Tidak ada koordinasi dan saling dukung antarlembaga terkait. Akibatnya, sepanjang sejarah Indonesia petani tetap menjadi kelompok sosial yang paling dirugikan dan menjadi objek atas berbagai program.Saat ini di tanah air ada sekitar tiga setengah juta hektare lahan jagung setiap tahun. Dari lahan seluas itu, hampir 60 juta petani terlibat. Namun, sampai saat ini Indonesia baru bisa memproduksi tak lebih 12 juta ton per tahun. Sedangkan di Amerika, 300 ribu petani mampu memproduksi sedikitnya 60 juta ton jagung per tahun.

Hal yang sama terjadi jika dibandingkan dengan nasib petani Thailand. Di sana petani hanya membutuhkan waktu seminggu untuk mengurus pencairan kredit menjelang musim tanam. Namun, petani kita kebanyakan tidak berani datang ke kantor bank untuk mengajukan kredit. Bank di Thailand justru mendatangi para petani dan trader untuk membantu saat musim tanam akan tiba. Kebanyakan memang kredit yang diberikan untuk usaha yang dibayarkan setelah panen, melalui koperasi atau pihak lain (bisa perorangan atau industri hilir) sebagai penjamin. Sudah menjadi rahasia umum, petani kita minder bertemu orang bank. Sebab, pertanyaan pertama adalah apa agunan yang dijadikan jaminan.

Di Thailand, untuk petani yang mengajukan kredit di bawah Rp 5 juta bunganya hanya 6 persen setahun. Jika kreditnya di atas Rp 100 juta, mereka hanya dikenai bunga 8 persen per tahun. Kondisi itu kontradiktif dengan bunga yang diterapkan bank pemerintah kita yang memiliki kantor di setiap kecamatan yang mengklaim dirinya retail banking. Petani dan usaha mikro di Indonesia rata-rata dikenai bunga 28 persen per tahun, ditambah biaya administrasi, notaris, provisi, dan banyak biaya aneh lain. Saat kami turun ke desa-desa, para petani Thailand umumnya masih sangat terkesan dan memuji mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan melalui kudeta militer beberapa tahun lalu. Menurut mereka, Thaksin sangat hebat dan berpihak kepada petani. Semua rakyat Thailand juga sangat menghormati pemimpin, khususnya raja. Rakyat Thailand sudah terbiasa menghadapi gejolak politik. Maklum, sampai saat ini Thailand sudah mengalami 25 kali kudeta.

Selama beberapa hari di kawasan pertanian Thailand Utara, kami juga belajar bertani jagung dalam skala luas. Di sana lahan seluas 500 hektare cukup dikerjakan tiga atau empat orang. Kenapa bisa? Semuanya sudah menggunakan alat dan mesin yang bekerja secara mekanis. Mesin dan alat untuk mengolah lahan, membajak, menabur benih, menabur pupuk, dan alat penyemprot herbisida tersedia di hampir setiap toko pertanian. Di setiap desa bahkan ada tempat penyewaan alat dan pabrik-pabrik kecil yang melayani pesanan pembuatan alat dan mesin pertanian. Hampir semua peralatan bisa dibuat oleh bengkel-bengkel kecil. Kami yakin bengkel-bengkel di Indonesia juga bisa membuat hal serupa dengan hasil yang lebih baik.
Yang belum bisa dibuat oleh pabrik dan bengkel-bengkel pertanian di Thailand adalah mesin untuk panen. Harvester Machine yang digunakan masih buatan Amerika. Dengan mesin itu, dalam sehari bisa dipanen lahan seluas 50 hektare.

Hasilnya juga sudah berbentuk jagung pipilan yang siap diangkut ke gudang pengeringan. Tentu tidak fair dan tidak adil membandingkan nasib petani Indonesia dengan Thailand. Penduduk Thailand hanya sekitar 65 juta orang atau seperempat penduduk Indonesia. Tetapi, sepulang dari sana, kami menjadi punya inspirasi dan gambaran model pertanian masa depan Indonesia.(*)

KURMA DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN


Sesuai dengan sunah Rasulullah di bulan puasa ini kurang lengkap rasanya kalo tidak menyantap kurma saat berbuka puasa.Kalau biasanya kebanyakan buah-buahan mengandung energi dan kalori yang rendah,maka tidak begitu halnya dengan kurma.
Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi,kurma menjadi sumber energi yang tinggi pula,bahkan tertinggi diantara semua buah-buahan lainnya.Karena itu kurma sangat cocok untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa.Bagi orang yang cukup makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar,karena bahan pangan ini kaya akan serat,dengan begitu sangat cocok juga bagi orang yang sedang menjalani program diet ( mengurangi berat badan ).
Kurma bisa disantap langsung dalam keadaan kering atau segar.Kurma juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hidangan seperti aneka produk roti,es krim dll.
Berikut ini adalah kandungan buah kurma yang bermanfaat untuk kesehatan:
1. Mengandung kalium yang tinggi (100 gr kurma kering = 666 mg kalium) yang
berkhasiat dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.Kalium merupakan
mineral yang penting untuk melancarkan pembuluh darah,membuat denyut jantung
teratur,mengaktifkan kontraksi otot,serta berperan dalam menstabilkan tekanan darah.
2. Mengandung salisilat yang tinggi (kurma kering),yaitu zat yang digunakan segagai
bahan baku aspirin,asetosal.Salisilat bersipat dapat mengurangi pengentalan darah,bisa
juga sebagai analgetik/pengurang rasa nyeri.
Menurut Puslitbang Gizi Bogor salisilat juga berpengaruh terhadap prostaglandin yaitu kelompok asam lemak hidroksida yang meransang kontraksi otot polos dan menurunkan darah.
3. Mengandung karbohidrat atau gula yang tinggi.Kandungan karbohidratyna berkisar
60% pada kurma lembek hingga sekitar 70% pada kurma kering.100 gr kurma mampu
menyuplai 230 kcal(960 kj) energi.
Menurut Dr.Anwar El Mukti dari Mesir,kurma mengandung 70% zat gula dan tidak berbahaya bagi kesehatan.Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (jenis gula dalam darah) atau fruktosa (jenis gula dalam sebagian besar buah-buahan),zat ini mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh sehingga menghasilkan tenaga yang tinggi tanpa mempersulit tubuh untuk mengolah,mencerna dan menjadikannya sebagai sumber gizi yang baik.
Segelas air yang mengandung glukosa menurut Dr.David Conning,Director Of British Nutrition Foundation,akan diserap dalam waktu 20-30 menit,sedangkan gula yang terkandung dalam kurma baru habis terserap dalam tempo 45-60 menit.
4. Mengandung berbagai vitamin dan zat gizi penting.Dalam setiap 100gr kurma kering
terkandung 50 iu vitamin A,0,4 mg vitamin C,0,09mg tiamin,0,1 mg riboflavin,2,20mg
niasin,asam nikotinat dan dan zat besi.zat ini berguna untuk melepaskan
energi,menjaga kelembaban kulit,membantu kerja syaraf,dan untuk organ lain
termasuk jantung.
5. Mengandung banyak mineral penting,seperti magnesium,potassium dan kalium.
Kurma juga mengandung semacam hormon potuchsin yang bisa menciutkan pembuluh
darah pada rahim sehingga bisa membantu dalam kasus-kasus perdarahan pada rahim.
6.Tingkat kandungan kurma akan lemak jenuh,kolesterol dan sodium sangat rendah
sehingga sangat baik bagi kesehatan.
Menurut penelitian dengan hanya makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium minimal 400mg/hari maka resiko fatal terserang stroke bisa diturunkan sampai 40%.Batas minimal 400 mg/hari tersebut mudah sekali dipenuhi dengan hanya makan kurma kering minimal sekitar 65 gr saja atau setara dengan lima butir kurma.
Dan yang perlu untuk diingat pilihlah kurma yang asli dan belum diberi pemanis buatan seperti yang dijual bebas di Indonesia.

MUSIK DAN KECERDASAN OTAK


MUSIK DAPAT MENCERDASKAN OTAK

Kita mungkin belum menyadari bahwa musik dapat mempengaruhi hidup seseorang.Awal pengaruh dari musik dimulai dari masa dalam kandungan.Memainkan musik atau hanya mendengarkan saja telah diteliti dapat meransang kecerdasan otak.Menurut Gardner seorang psikolog dari Amerika selain makanan/nutrisi yang baik dan tepat musik dijadikan alternatif lain untuk meransang perkembangan otak.Dalam hal ini musik klasik seperti karya MOZART,VIVALDI,BACH dll terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dan intelektual secara optimal.

Pada manusia otak dibagi pada 2 hemispherium.Hemispherium cerebri yang dominan (biasanya sebelah kiri) terutama berhubungan dengan fungsi verbal,bahasa,berhitung dan fungsi analisa,sedangkan hemispherium cerebri yang minor berkaitan dengan fungsi nonverbal,geometric,ruang,visual,pola perangai,musik dan fungsi sintetik.(j.g chusid)

Pada tahun 1998 Pernah diteliti oleh Dr.Alfred Tomatis dan Don Campbell yang dituangkan dalam buku “EFEK MOZART”.memanfaatkan kekuatan musik untuk mempertajam pikiran,meningkatkan kreativitas dan menyehatkan tubuh.Campbell kemudian mengambil contoh karya Mozart,sonata in D major K 488 yang diyakininya mempunyai efek stimulasi yang paling baik bagi bayi. Sedangkan menurut Dra.Louise M.M.Psi dari present education program RSAB Harapan kita Jakarta,tidak hanya musik klasik,musik dengan irama tenang,mengalun lambat juga dapat memberi efek yang baik bagi janin,bayi,dan anak.

Saat di kandungan indera yang pertama kali berfungsi adalah kecenderungan pendengaran (audible).Mulai 10 minggu janin telah bisa mendengarkan suara dari tubuh ibunya,seperti aliran darah,dan detak jantung.Kemudian mulai 16 minggu janin sudah bisa mendengar suara dari dunia luar,makanya para ahli menganjurkan agar ibu hamil sering mengajak janinnya berbicara selain memperdengarkan musik.(Psikologi Anak 3).

Bagaimana musik berpengaruh pada kecerdasan ? Musik memiliki tiga bagian yaitu : nada/melodi,ritme,dan harmonisasi.Ketiga unsur ini akan menghasilkan bunyi yang kompleks,enak,dan indah.Di dalam otak manusia terdapat reseptor ( sinyal penerima ) yang gelombang/getarannya sama dengan musik dan dapat merespon/aktivasi.Gelombang suara ini bisa menembus dinding uterus/rahim,dan cairan ketuban,sehingga janin dapat meresponnya.Penelitian ahli syaraf Christo pantev dari Munster Unervisity Jerman telah membuktikan secara neurologis yang terjadi di otak bahwa dengan musik kapasitas aktivasi kortek pendengaran menjadi lebih besar dan sel yang mentransmisikan simpul syaraf/neuron akan lebih banyak.kapasitas korteks yang lebih besar biasanya menjadi indikator adanya potensi kemampuan nalar yang lebih baik. Pantev menjelaskan otak manusia ketika memproses ransangan akustik,seperti notasi pada piano,membutuhkan peta tonotopik yang lumayan besar.Neuron,sell yang mentransmisikan simpul-simpul syaraf,dikelompokkan bersama dalam otak menurut pola nada tertentu.Karena nada musik berbeda dari bunyi pada umumnya,maka para musisi membutuhkan lebih banyak neuron untuk memproses nada yang kompleks itu.Pantev menjelaskan setelah dewasa latihan musik dapat memperluas wilayah otak dan meningkatkan kecerdasan,karena lebih banyak neuron yang terlibat dalam proses,memungkinkan otak akan bekerja lebih harmonis.Riset sebelumnya di AS juga menunjukkan bahwa pelajaran musik dapat meningkatkan intelgensi remaja.(@inisial.nandonet)

Akhirnya para ahli berkesimpulan bahwa musik merupakan salah satu stimulan untuk mempercepat dan mempersubur perkembangan otak, di mulai dari saat janin di dalam kandungan.Musik juga dapat sebagai media penyegaran dan relaksasi,serta terapi.Musik juga membantu seseorang dalam memotivasi,meningkatkan kepribadian,dan musik jelas dapat dijadikan sebuah bahasa universal,yang mampu menyampaikan pesan ke seluruh bangsa yang ada di dunia ini.

Nah kalau sudah begini bagaimana? Sudahkan anda mengenalkan musik pada anak anda ?

Arti Penamaan Pesawat Militer AS dan Rusia

Raptor

Pernah dengar pesawat F-16 Fighting Falcon, F/A-22 Raptor, F/A-18 Hornet, V-22 Osprey atau C-130 Hercules, dll? Pesawat-pesawat tersebut tidak lain adalah pesawat militer Amerika Serikat. Pernahkah terpikir oleh anda apa arti dari “F/A”, “18″ dan “hornet” tersebut? mari kita bahas. Di lingkup militer AS, penamaan sebuah pesawat tidak berdasarkan dari nama pabrik atau produsen dari pesawat tersebut. Militer AS menamakan pesawat2 mereka berdasarkan fungsi dan jenis dari pesawat yang mereka gunakan, misalnya pesawat tempur paling mutakhir F/A-22 Raptor, F=fighter/A=attach yang artinya merupakan pesawat tempur dan serang (fighter&attack) 22=seri pesawat tempur dan “Raptor” merupakan nick atau julukan bagi pesawat tersebut, sedangkan produsennya sendiri adalah Lockheed Martin. artinya pesawat ini berupa pesawat tempur & serang tipe 22 bernama Raptor. contoh lain misalnya C-17 Globemaster III, C=Carrier/cargo 17=seri pesawat kargo Globemaster III=merupakan nick-nya, produsennya sendiri adalah Boeing. artinya pesawat angkut(carrier/cargo) seri 17 bernama Globemaster III. contoh tadi menunjukan bahwa huruf pertama merupakan jenis/fungsi pesawat, bagian kedua berupa angka yang menunjukan seri dari jenis tersebut dan selanjutnya diikuti nama/nick dari pesawat tersebut.

Ada juga penamaan yang lebih panjang dengan menyertakan jenis/fisik dari pesawat serta nama variannya. misalkan AH-64D Apache Longbow, A=attack H=heliocopter 64=seri D=indikator varian dan “apache longbow” merupakan nama julukannya. ini artinya pesawat ini berbentuk helikopter berfungsi penyerang dan varian ke-”D” bernama Apache longbow.contoh lainnya misalkan CV-22 osprey, merupakan pesawat angkut (”C”) dengan jenis pesawat yang dapat take off dan landing secara vertikal (”V”) seri 22 bernama osprey. untuk lebih jelasnya akan saya uraikan sebagai berikut:

Berdasarkan fungsinya:

  • A : Attack = serang darat
  • B : Bomber = pengebom
  • C : Carrier/Cargo = pengangkut pasukan atau logistik
  • E : Electronics = pesawat pembawa perangkat elektronik seperti radar dan senjata elektronik
  • F : Fighter = tempur
  • K (k=kerosene) :pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara
  • O : Observation = pengamat
  • P : Patrol = pesawat patroli maritim
  • R: Reconnaissance = pengintai/mata-mata
  • T: training = pesawat latih
  • U : utility = pesawat pelengkap operasi
  • V : VIP = pesawat khusus untuk orang penting, pejabat atau presiden.
  • X : Experiment/research = pesawat ujicoba (biasanya kerjasama dengan NASA)

berdasarkan bentuk fisiknya (selain pesawat bersayap/konvensional):

  • G : Glider = pesawat terbang layang/tanpa mesin
  • H : Helicopter/rotor wings = helikopter atau pesawat sayap berputar
  • V : Vertical/short take off and landing = pesawat yang bisa mendarat secara vertikal
  • Z : Zeppelin = balon udara

jadi apabila anda suatu saat menemukan pesawat bernama KC-767, itu artinya pesawat tersebut berjenis tanker sekaligus kargo, atau tahukah anda nama asli dari pesawat Air Force One? namanya VC-25 yang artinya pesawat angkut/transport VIP. ada kalanya memang suatu pesawat berfungsi ganda sehingga mendapat penamaan dengan dua-tiga huruf di depan seperti RAH-66 (reconnaissance & attack helicopter-66) atau AC-130 (Attack cargo-130=varian hercules untuk transport sekaligus penyerang).

Berbeda dengan AS untuk pesawat tempur keluaran Rusia, penamaan pesawat berdasarkan inisial nama produsennya, seperti Sukhoi Su-27, Mikoyan Gurevich MiG-29 atau Antonov An-124. Lalu bagaimana membedakan jenis dari pesawat ini? dari Rusia-nya sendiri memang tidak menamakan/mengkategorikan secara resmi pesawat buatan mereka, namun pihak NATO biasanya memberi nickname untuk pesawat buatan rusia agar mudah dibedakan berdasarkan jenisnya. untuk pesawat tempur nickname selalu diawali dengan huruf F (maksudnya fighter), misalkan:

  • Sukhoi Su-17 Fitter
  • Sukhoi su-24 Fencer
  • Sukhoi Su-25 Frogfoot
  • Sukhoi Su-27 Flanker
  • Mikoyan Gurevich MiG-21 Fishbed
  • Mikoyan Gurevich MiG-25 Foxbat
  • Mikoyan Gurevich MiG-29 Fulcrum
  • Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound
  • dll.

Sedangkan untuk pesawat angkut/transport (carrier/cargo), nickname selalu diawali dengan huruf C, misalnya:

  • Antonov An-2 Colt
  • Antonov An-22 Cock
  • Antonov An-124 Condor
  • Ilyushin Il-76 Candid
  • dll.

untuk pesawat pengebom (bomber), nickname diawali dengan huruf B :

  • Tupolev Tu-160 Blackjack
  • Tupolev Tu-95 Bear
  • Tupolev-22 Backfire
  • Ilyushin Il-28 Beagle
  • dll.

Untuk helikopter, nickname menggunakan awalan H, misalnya:

  • Mil Mi-5 Hook
  • Mil Mi-28 Havoc
  • Kamov Ka-29 Helix
  • Kamov Ka-50 Hokum
  • dll.

Memang jika diperhatikan ada beberapa nickname yang terdengar lucu dan agak “maksa”, karena memang bukan diberi nama oleh produsen atau negara asalnya, melainkan oleh NATO yang jelas2 merupakan pihak barat (rival Rusia dan negara2 timur).

Sejauh ini itu yang saya tahu (dan saya ingat), sebenarnya masih banyak informasi yang belum saya sampikan disini mengenai penamaan pesawat militer, namun kemampuan serta ingatan saya baru sampai disana :P , semoga bermanfaat.

militer

PERKEMBANGAN PESAWAT TEMPUR TYPHOON PDF Print E-mail
Written by MAH/EFA
Monday, 23 April 2007

Eurofighter GmbH dan NETMA (NATO Eurofighter and Tornado Management Agency) telah menyetujui pemilihan persenjataan vital dan sistem misi untuk pesawat tempur Eurofighter Typhoon yang akan menjadikan pesawat tersebut sepenuhnya memiliki peran multi-role. Keputusan ini diambil setelah melalui tahap negosiasi yang panjang.

Negosiasi yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kemampuan pesawat tempur Typhonn dengan program FCP (Future Capabilities Program) yang dimulai sejak tahun 2004. Peningkatan kemampuan serang darat pada produksi Typhoon Block-5 dari Batch pertama (Tranche 1).

Paket FCP disebut sebagai Phase 1 Enhancement (P1E) secara formal masuk dalam kontrak yang ditandatangai tanggal 29 Maret lalu dengan nilai sekitar 1,6 milyar dollar Amerika. Kontrak P1E akan mengaplikasi pesawat Tranche 2 termasuk: integrasi Bomb EGBU-16 Paveway II, Paveway IV, integrasi Litening laser designator pod (LDP) plus datalink MIDS (Multifunctional Information Distribution Systems), serta perangkat lainnya.

Perangkat interface manusia dengan mesin (MMI) pada cockpit lebih disempurnakan sehingga pilot dapat lebih mudah mengatur seluruh perangkat yang ada dipesawat, termasuk persenjatan dan sistem tambahan.

Produksi block pertama dari Tranche 2 (Block-8) – dengan penyempurnan piranti lunak dari Tranche 1 diprogramkan pda komputer baru, namun masih terdapat beberapa kendala dan saat ini sedang terus disempurnakan, termasuk upaya untuk mendapat piranti keras dan lunak baru. Diperkirakan kontrak P1E ini akan dapat selesai pada tahun 2010/11 mendatang.

Typhoon juga akan dilengkapi dengan rudal BVRAAM (Beyond Visual Range Air-to-Air Missile) Meteor.

Eurofighter Typhon merupakan pesawat tempur yang disebut sebagai foreplane delta-wing, beyond-visual-range- close air fighter dengan kemampuan serang darat/permukaan. Memiliki kemampuan ‘supercruise’; dapat terbang pada kecepatan yang berkelanjutan lebih dari Mach 1 tanpa menggunakan afterburner.

Dikembangkan oleh konsorsium Eurofighter GmbH yang berpangkalan di Munich dan dimiliki sepenuhnya oleh BAE Systems, inggris, Alenia Aeronautica, Italy, dan EADS Jerman (dahulu DaimlerChrysler), serta EADS Spanyol (dahulu CASA).

Typhoon menggunakan mesin jenis EJ200 yang dikembangkan oleh Eurojet GmbH di Munich yang dimiliki bersama oleh konsorsium Rolls-Royce, MTU Aero Engine, Fiat Aviazione dan ITP.

PRODUKSI EUROFIGHTER.
Eurofighter diproduksi berdasarkan kontrak pembuatan 620 unit pesawat pada Januari 1998 oleh pemerintah Negara peserta konsorsium, dengan kontrak awal sebanyak 148 unit pesawat. Pelanggan utama dari Eurofighter ini adalah pihak NETMA (NATO Eurofighter and Tornado Management Agency) yang mewakili Inggris, Jerman, Itali dan Spanyol. Penerbangan pertama untuk empat unit pesawanan pertama dilakukan pada bulan Pebruari 2003 dan Eurofighter Typhoon mendapat persetujuan penerimaan pada 30 Juni 2003.


Penerimaan untuk operasionil dari pesawat tempur Typhoon adalah oleh pihak AU Itali pada bulan Pebruari 2006, dan misi pertamanya adalah untuk mendukung pengamanan Pesata Olimpiade Musim Dingin di Turin. Sedangkan Skadron AU Inggris dibentuk pada bulan maret 2006 di Lanud RAF Cottesmore.


PRODUKSI TRANCHE 2. Produksi Tranche 2 ditandatangani pada Desember 2004 untuk 236 unit pesawat dengan jadwal penyerahan mulai tahun 2008 sampai 2015. Selain empat Negara peserta konsorsium, pesanan juga datang dari Austria dan Arab Saudi.


PERANCANGAN. Typhoon menggunakan konstruksi dari bahan carbon fibre composite, glass-reinforced plastic, aluminium lithium, titanium dan casting aluminium. Teknologi stealth termasuk low frontal radar cross-section, passive sensor dan kemampuan supercruise tanpa afterburner.


Kestabilan aerodinamis diberikan dengan menambah konfigurasi sayap delta pada bagian depan pesawat dekat cockpit, tambahan ini utnuk meningkatkan kelincahan pesawat, low drag dan meningkatkan daya angkat. Pilot mengendalikan pesawat dengan sistem fly-by-wire yang didukung oleh sistem computer yang membelikan kestabilan artificial serta elevasi angina untuk menghasilkan karkteristik pengendalian yang baik dalam penerbangan.


Sistem kendali Pilot berupa Voice-Throttle-and-Stick system (VTAS). Pangkal stick dan throttle terdapat 24 fingertip controls untuk mengendalikan sistem sensor dan sistem persenjataan, manajemen pembantu pertahanan, dan pengendalian penerbangan. Masukan suara secara langsung memungkinkan bagi pilot untuk melakukan pemilihan mode dan prosedur data entry.


Sistem kendali penerbangan quadruplex fly-by-wire memiliki Automatic Low Speed Recovery System (ALSR) yang akan memberikan peringatan kepda pilot mengenai tingkat kecepatan terbang, baik dengan visual maupun suara, dan bila diperlukan, mengambil alih kendali secara otomatis untuk kembali kedalam kecepatan terbang yang aman.


Pilot dilengkapi dengan helmet khusus berupa Striker Helmet Mounted Symbology System (HMS) yang dibuat oleh pihak BAE Systems. Layar saji HUD pada helmet dapat menampilkan berbagai data referensi penerbangan, pembidikan dan pemilihan senjata, serta gambar FLIR. Juga dilengkapi dengan TERPROM ground proximity warning system.


Cockpit dilengkapi dengan tiga buah multi-function colour Head-Down Displays (MHDD) yang menampilkan informasi situasi taktis, sistem status dan peta digital. Untuk transfer data digunakan sarana datalink dengan kemampuan 16 hubungan terminal. Untuk produksi Tranche 2 dilengkapi dengan GPS anti-jam dari Raytheon Systems Ltd.


PERSENJATAAN. Senjata internal berupa meriam revolver Mauser BK27 kaliber 27mm, untuk persenjataan eksternal Typhoon memiliki 13 hardpoint yang dapat dipasangi dengan berbagai jenis persenjataan dan tanki bahan bakar tambahan. Persenjataan yang dibawa akan bergantung kepada peran yang akan dilaksanakan, persenjataan yang dapat dibawa antara lain:
• Air-superiority – 6 unit BVRAAM (Beyond Visual Range)/AMRAAM air-to-air missiles on semi-recessed fuselage stations dan 2 unit ASRAAM short-range air-to-air missiles on the outer pylons
• Air interdiction – 4 unit AMRAAM, 2 unit ASRAAM, 2 unit cruise missiles dan 2 unit Anti-Radar Missiles (ARM)
• SEAD (Suppression of Enemy Air Defences) – 4 unit AMRAAM, 2 unit ASRAAM, 6 unit anti-radar missiles
• Multi-role – 3 unit AMRAAM, 2 unit ASRAAM, 2 unit ARM dan 2 unit GBU-24 Paveway III/IV
• Close air support – 4 unit AMRAAM, 2 unit ASRAAM, 18 Brimstone anti-armour missiles
• Maritime attack – 4 unit AMRAAM, 2 unit ASRAAM, 6 unit anti-ship missiles


Untuk BVRAAM, AU Inggris memilih rudal Meteor dari MBDA yang direncanakan akan mulai didapat sekitar tahun 2013. Sementara itu untuk mengisi kekoongan, dipilih rudal AMRAAM dari Raytheon yang sudah dipasang sejak tahun 2002. Selain itu juga persenjataan rudal jelajah jarak jauh Storm Shadow/Scalp EG, serta rudal anti-lapis baja Brimstone dari MBDA.


Typhoon Jerman, Itali dan Spanyol dilengkapi dengan senjata imaging infrared IRIS-T air-to-air missile yang dikembangkan oleh Diehl BGT Defence, Jerman. Pesawat milik Jerman dan Spanyol juga akan dilengkapi dengan Taurus KEPD 350 standoff missile dari EADS/LFK dan Saab Bofors Dynamics.


PELINDUNG DIRI. DASS (Defensive Aids Sub-System) buatan konsorsium EuroDASS terpasang dalam struktur pesawat dan terintegrasi dengan sistem avionik. DASS melakukan pengkajian tentang ancaman dengan respon otomatis (untuk ancaman tunggal maupun jamak). Sistem DASS mencakup ECM/ESM, peringatan adanya ancaman rudal dari depan maupun belakang, sistem decoy supersonic, laser warning receiver dan sistem dispenser Chaff dan Flare.


PERANGKAT SENSOR. Pesawat dilengkapi dengan radar CAPTOR (ECR 90) multi-mode X-band pulse Doppler dari Konsorsium Euroradar. Radar multi-mode memiliki tiga kanal processing, kanal ketiga digunakan untuk klasifikasi jammer, interference blanking dan sidelobe nulling.


Perangkat sensor lain berupa PIRATE (Passive Infra-Red Airborne Track Equipment) yang dipasang pada port disisi fuselage, didepan windscreen. PIRATE dikembangkan oleh konsorsium EUROFIRST (Galileo Avionica (FIAR) – Itali, Thales Optronics – dan Tecnobit – Spanyol). PIRATE beroperasi pada 3-5 dan 8-11 micron spectral band. Saat digunakan bersama radar dalam peran tempur udara-ke-udara, fungsinya sebagai Infrared Search and Track system (IRST), memberikan data deteksi target dan penjejakan secara pasif.


Pada peran air-to-surface, menampilkan kemampuan akuisisi multiple target dan identifikasi, serta bantuan navigasi dan pendaratan. PIRATE juga emberikan gambar yang data diatur pada layar saji yang terdapat pada helmet pilot.


MESIN. Eurofighter Typhoon menggunakan dua buah mesin Eurojet EJ200, masing-masing memiliki daya dorong sebesar 90kN dalam full-reheat mode dan 60kN dalam model dry power. Turbin satu-tingkat mengendalikan fan tiga-tingkat dan kompresor HP lima-tingkat. Tampilan mesin: kendali digital, wide chord aerofoil dan single crystal turbine blade, convergent/divergent exhaust nozzle, dan monitor kesehatan yang terintegrasi.


SPESIFIKASI:
Bentang Sayap: 10,95 meter
Aspek rasio Sayap: 2:205
Luas sayap: 50 m2
Panjang pesawat: 15,96 meter
Tinggi pesawat: 5,28 meter
Bobot kosong: 10.995 kg
Bobot maksimum untuk take-off: 23.000 kg
Mesin: 2x EJ200
Daya dorong untuk tempur taktis: 180kn (40.000 lb)
Tingkat kecepatan maksimum: Mach 2
Panjang runway: 700 meter
g Limit: +9g sampai -3g.

Militer


Реактивная установка БМ-8-36
[Read more →]
Peluncur roket BM-8-36 - Bersamaan dengan kerja roket M-13 Soviet desainer yang terlibat dalam adaptasi untuk digunakan dalam bidang artileri dan pesawat terbang juga kerang RS-82. Nya modifikasi terakhir dari F-8, dengan rentang hampir dua kali lipat lebih eksplosif kargo.
Реактивная установка БМ-8-24
[Read more →]
Peluncur roket BM-8-24 - Gunakan ketika membuat lawan mesin BM-8-36 chassis triaxial truk ZIS-6 menunjukkan bahwa, bersama dengan jalan lintas yang tinggi dari berbagai jenis dan cakupan, memiliki sedikit digunakan untuk lalu lintas di daerah berawa dan kotoran jalan, terutama di musim semi dan rasputitsu jatuh.
82-мм реактивная установка БМ-8–48
[Read more →]
82 mm peluncur roket BM-8-48 - Pada April-Juni 1942, di SKB pabrik «Compressor» desain tim Vasil'eva VM-48 dirancang pengisian peluncur BM-8-48. Dengan kekhasan dari konstruksi adalah penggunaan dua jenis paket mengirim «beam» peluncur dari BM-8-24 pada chassis dari tank T-40.
Реактивная установка БМ-13
[Read more →]
Peluncur roket BM-13 - 14 Juli 1941 Jerman perintah telah menerima pesan dari Muka panik: «Rusia Penggunaan baterai yang tidak biasa dengan jumlah senjata. Pasukan fired Rusia menunjukkan: terbang gunships seperti badai. Kehilangan orang-orang penting ». Semua ini telah membuat keributan hanya satu baterai mate IA Flerova, tujuh bersenjata peluncur roket BM-13, kemudian dikenal sebagai «Katjusha».
300-мм пусковой станок М-30
[Read more →]
300 mm peluncur mesin M-30 - 300 mm peluncur mesin M-30 - Pada bulan Mei 1942, di SKB pabrik «Compressor» teknik grup VA Rudnitskaya pada tugas Umum Direktorat Arms penjaga mortir launchers dikembangkan khusus jenis bingkai -- memulai mesin M-30 untuk 300 milimeter rockets F-30.
Реактивная установка БМ-13Н
[Read more →]
Peluncur roket BM-13N - The tentara digunakan hingga sepuluh varietas peluncur BM-13, sehingga sulit untuk belajar pasukan penjaga bagian mortir dan adversely mempengaruhi pengoperasian peralatan. Untuk alasan ini, telah dikembangkan dan pada April 1943, yang diadopsi oleh unified (normalized) peluncur BM-13N. Semua unit telah menginstal diri indeks, dan menjadi, bahkan universal.
Реактивная установка БМ-31-12
[Read more →]
Peluncur roket BM-31-12 - Dalam 1942, Uni Soviet mengembangkan roket baru M-30 kaliber 300 mm, yang dirancang untuk menghancurkan musuh di depan fortifications-line. Oleh nadkalibernoy kuat warhead beratnya sekitar 29 kilogram kerang bergabung roket dari F-13.
140-мм система реактивного залпового огня БМ-14-16
[Read more →]
140 mm tembakan roket-api sistem BM-14-16 - Keberhasilan Red Army roket artileri selama Perang Dunia Kedua kontribusi kepada deployment sehabis tahun dalam penelitian dan desain bekerja di bidang ini. Perbaikan diri ini baik-multicharged launchers ( «memerangi kendaraan» - Soviet terminologi), dan rockets.
122-мм система реактивного залпового огня 9К51 Град
[Read more →]
122 mm reaksi tembakan api 9K51 «Kota» - Lapangan 122 mm-divisi beberapa roket launchers BM-21 «Grad» ditujukan untuk menggulingkan dan membuka tempat tenaga kerja, peralatan dan soft-skinned kendaraan berlapis baja di wilayah perkemahan, mortir dan artileri baterai, perintah permukiman dan tujuan lainnya.
220-мм система реактивного залпового огня 9К57 Ураган
[Read more →]
220 mm reaksi tembakan api 9K57 «Hurricane» - 220 mm-peluncuran roket beberapa sistem (MLRS) «Hurricane» dirancang untuk melibatkan tenaga kerja, dan lampu kendaraan berlapis baja dan tank infanteri unit di perkemahan musuh dan Maret, pemusnahan dari perintah posting , node ...
300-мм система реактивного залпового огня 9К58 Смерч
[Read more →]
300 mm beberapa roket launchers 9K58 «Tornado» ditujukan untuk mengalahkan tenaga kerja, berlapis baja dan soft-skinned teknologi pada Maret dan pada posisi, artileri baterai perintah posting, pusat komunikasi, pemusnahan dari runways aerodromes dan tujuan lainnya. Kendaraan tempur dikembangkan berdasarkan chassis maz-543M dengan susunan roda 8 x 8.